Instagram VS Marketplace: Mana yang Lebih Untung?

Apa media yang kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis onlinemu? Apakah cukup dengan di Instagram atau kini kamu merambah marketplace juga? Lalu manakah yang bisa media yang bisa membuat toko online kamu menjadi lebih ramai, mendatangkan trafik, menaikkan konversi hingga meningkatkan engagement? Apakah berjualan di Instagram atau di marketplace?

Awalnya Instagram merupakan media sosial yang fokus untuk memamerkan keseharian, pekerjaan, rutinitas. Kini berkembang pesat menjadi media sosial yang mendukung bisnis online. Tidak hanya untuk personal tapi juga dipakai brand-brand besar. Instagram memiliki fitur khusus agar proses bisnis menjadi lebih mudah.

Tidak hanya Instagram, untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis ke ranah online perlu juga mencoba marketplace. Di Indonesia ada berbagai macam marketplace. Misalnya, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan marketplace, kamu bisa memiliki toko online dengan cara membuat akun, mengunggah foto produk dan mempromosikan pada pelangganmu.

Kedua media di atas, kini menjadi wadah bagi pebisnis online dengan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Lalu manakah dari keduanya yang lebih unggul untuk mendukung bisnis onlinemu? Activfans telah merangkum apa saja keunggulan dari Instagram maupun marketplace. Berikut ini ulasannya.

A. Keunggulan Instagram

1. Cocok untuk bisnis

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Sejak diluncurkan pada 2013, pengguna Instagram di Indonesia semakin pesat sampai ketika ini. Tercatat 53 juta pengguna aktif Instagram berasal dari Indonesia. Jumlah ini menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Brazil. Coba bayangkan jika 0.1 % saja pengguna Instagram menjadi followers-mu, maka jumlah tersebut bisa meningkatkan konversi penjualan online shop-mu.

“Pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 53 juta.”

Bagi kamu yang mengelola akun khusus untuk jualan online, kamu bisa membuat akun khusus profil bisnis agar terlihat profesional. Fitur bisnis ini membantu kamu mempermudah mengetahui kinerja akun. Sebab kamu jadi bisa menambah tombol kontak, mengetahui demografi followers, mengetahui jumlah impression pada setiap postingan dan jumlah kunjungan ke profil.

2. Penggunaan mudah

Photo by Noiseporn on Unsplash

Kemudahan yang ditawarkan Instagram menjadikannya media sosial yang cepat menarik minat masyarakat. Hal ini terbukti dari pengguna Instagram yang berasal dari berbagai usia. Siapapun bisa memposting foto atau video, memfollow, mengomentari, memberi like, hingga searching sesuai hashtag pun bisa dilakukan dengan sangat praktis.

“Penggunaan hashtag membantu konten kamu dikenal semakin banyak followers di Instagram.”

Instagram memiliki fitur-fitur unik yang bisa merangkul followers kamu atau yang biasa dikenal dengan istilah meningkatkan engagement bisnis online. Intip saja postingan stories yang semakin lama, semakin berderet. Karena durasinya yang pendek dan berakhir hanya dalam 24 jam, stories makin dinikmati followers. Penggunaan Instagram Stories cocok untuk ‘mengikat’ followers kamu.

3. Dibantu promosi

Photo by Jakob Owens on Unsplash

Yang tidak kalah penting saat memiliki akun bisnis di Instagram adalah memasarkannya. Hal ini dilakukan untuk membantu akun kamu agar semakin dikenal banyak orang. Misalnya dengan menggunakan hashtag. Jika hashtag kamu tepat, maka di kolom pencarian konten kamu bisa naik dan semakin diketahui pengguna Instagram lainnya.

“Promosi dengan endorse dan paid promote ampuh meningkatkan akun Instagram.”

Tidak hanya dengan hashtag, kamu juga bisa menggunakan jasa endorse atau paod promote agar akun Instagram kamu semakin dikenal banyak orang. Jika mereka menyukai kontenmu, bisa jadi dengan usaha-usaha itu mereka bisa langsung menjadi followers-mu. Memiliki followers yang banyak memang impian semua pengguna Instagram. Sebab semakin memiliki banyak followers, maka akun Instagram dianggap terpercaya.

Dari semua usaha di atas, kamu bisa lho punya banyak followers secara organik. Misalnya menggunakan alat optimasi Instagram bernama Activfans. Tools ini memiliki fitur-fitur yang membantu kamu mengatur Instagram dengan mudah. Salah satunya fitur DM auto reply. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menyapa followers baru sejak kali pertama mereka mengklik tombol follow.

Mau Tau Fitur-fiturnya Activfans? Klik ► https://activfans.com
Gunakan Kupon : SPECIAL10 untuk mendapatkan diskon 10%

B. Keunggulan Marketplace

1. Tersedia fasilitas pendukung

Photo by Bench Accounting on Unsplash

Marketplace kekinian memiliki fasilitas pendukung dan semua itu gratis. Sebelumnya kamu perlu memiliki akun terlebih dahulu. Setelah sukses, kamu bisa segera mengisi display online shop dengan mengupload foto maupun video produk kamu. Karena itu, kamu perlu menyiapkan foto-foto produk terbaik. Tidak lupa juga caption yang detail dan menarik.

“Dengan menggunakan marketplace, toko online kamu langsung memiliki fasilitas pengiriman dan pembayaran yang aman.”

Di beberapa marketplace besar di Indonesia ada yang memberlakukan ongkos kirim gratis untuk setiap produk yang terjual kepada pembeli. Dengan adanya ongkos kirim gratis ini membuat pembeli menjadi lebih tertarik lagi untuk berbelanja, sehingga omzet penjualan Anda bisa meningkat.

2. Dikunjungi ratusan ribu konsumen online setiap waktu

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Marketplace yang bagus biasanya sudah ramai pengunjung. Ibaratnya seperti saat kamu membuka stan di pasar atau di mal yang ramai, pasti akan selalu ada pengunjung yang nyasar, masuk dan lihat-lihat dagangan. Jika sesuai dengan selera, pengunjung itu lalu jadi customer. Begitu pula jika kamu membuka online di marketplace yang sudah terkenal dan memiliki promo menarik setiap tahunnya. Misalnya dengan flash sale, cashback dan lain sebagainya.

“Marketplace memiliki promosi yang ampuh mendatangkan pengunjung baru seperti flash sale, cashback, free ongkir dan lain-lain.”

Dilansir dari iPrice, Tokopedia dan Bukalapak mampu memenangi persaingan marketplace di pasar Indonesia sepanjang tahun. Dalam statistik Peta E-commerce Indonesia Q3 2018, Tokopedia mampu menarik rata-rata 153.639.700 pengunjung ke situsnya setiap bulan. Bukalapak mendapatkan 95.932.100 pengunjung web per bulan. Penetrasi e-commerce lokal ini juga berhasil masuk dalam lima besar platform dagang online paling banyak dikunjungi di regional Asia Tenggara.

3. Promosi gratis

Photo by Igor Miske on Unsplash

Di beberapa marketplace besar di Indonesia, biasanya produk-produk yang dijual akan dipromosikan oleh pihak marketplace secara gratis. Ini menjadi keuntungan untuk mengenalkan produk yang dijual ke pembeli dan juga bisa menghemat biaya promosi, sehingga keuntungan yang didapat bisa maksimal tidak terpotong untuk biaya promosi.

“Kamu bisa menghemat biaya promosi saat berjualan di marketplace.”

Soal SEO, pihak marketplace juga sudah mengoptimalkan platform mereka dengan SEO yang bagus. Jika kamu membuka Google dan mengetik kata kunci produk yang dicari, produk tersebut pada berbagai situs marketplace akan muncul pada tampilan web Google.

Demikianlah sejumlah keunggulan dari marketplace dan Instagram. Kamu bisa memilih membuka bisnis online di satu wadah maupun di keduanya. Sebab kehadiran kedua media ini mendukung usaha kamu. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan.

Untuk kamu yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu dalam mengatur Instagram, kamu perlu tools optimasi yang bisa mendukung kinerja media sosial ini. Misalnya dengan mengaktifkan Activfans. Tools ini memiliki fitur-fitur yang ampuh meringankan waktu kamu agar tidak terus menerus menatap layar monitor maupun ponsel.

Mau konten Anda segera viral? Klik ► https://activfans.com
Gunakan Kupon : SPECIAL10 untuk mendapatkan diskon 10%