7 Konten Visual Tingkatkan Jualan Online Shop

Konten sangat penting dalam proses memasarkan produk maupun online shop Anda. Dengan adanya konten, Anda akan mudah menarik perhatian calon konsumen. Sejauh ini konten bisa berupa gambar, audio dan tulisan. Ketiga komponen ini berfungsi menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada penerimanya. Untuk online shop, maka yang dituju adalah calon konsumen maupun pelanggan Anda.

Di antara gambar, audio dan tulisan, gambar memiliki peranan penting. Sebagai media visual, indera penglihatan memiliki efek kuat pada ingatan dalam sekali melihat. Tentu saja untuk bisa ditangkap dan diingat, gambar itu harus menarik. Prinsip inilah yang diambil dan diangkat pembuat Instagram. Alhasil, kini Instagram menjadi media sosial yang ampuh dan terbukti andal dalam memasarkan konten dari produk maupun bisnis online Anda.

Kini Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna aktif Instagram terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Brasil. Menurut hasil survei WeAreSocial.net dan Hootsuite, jumlah pengguna dari Indonesia mencapai 53 juta (data di bulan Februari 2018). Karena semakin banyak orang menggunakan Instagram, membuat isi konten visual berkualitas dan kreatif menjadi semakin penting apalagi Anda ingin membuat bisnis online Anda menjangkau lebih banyak orang.

Untuk memudahkan Anda, Activfans memilah contoh konten visual yang kerap dipakai selebgram untuk menjangkau calon konsumen produk. Berikut ini contoh konten visual yang ampuh meningkatkan penjualan pada online shop Anda.

1. Foto Produk yang Eye-Catching

Photo by J.luis Esquivel on Unsplash

Menarik perhatian calon konsumen Anda bisa dilakukan dengan mengupload foto yang naik. Maksudnya? Niat ini bukan hanya foto produk seperti baju, sepatu, produk lainnya dengan ala kadarnya. Apalagi lampu yang tidak maksimal. Sebaiknya hindari kondisi yang tidak memungkinkan saat pengambilan gambar. Jika memang tidak memiliki konsep matang, Anda bisa memotret produk dengan kondisi setting yang baik.

“Dari hasil survei, 93% orang mengatakan faktor pertama dia tertarik membeli sebuah produk karena gambar iklan yang menarik.”

Angle foto produk yang aman dan bisa Anda aplikasikan adalah fokus pada bagian depan produk. Ini cara yang sering digunakan owner online shop dalam mememerkan produknya. Para supplier pun kerap menggunakan angle ini untuk diberikan pada dropshipper. Cara lainnya adalah foto yang menunjukkan cara pemakaian. Misalnya produk kopi, maka bukan hanya foto produk kopi saja. Tapi juga sisipkan gambar betapa akrabnya saat menikmati kopi.

2. Berbagi Quote

Photo by Domenico Loia on Unsplash

Quote adalah konten yang daya sebarnya masuk dalam level tertinggi. Banyak orang menyukai quote dan menyebarkan pada teman maupun keluarga. Biasanya quote disebar pada orang yang memiliki 1 kondisi, senasib maupun semisi. Semakin orang merasa relate, maka quote itu bisa meluas dengan cepat.

“Penggunaan quote sebagai konten memudahkan Anda dalam upaya promosi produk terbaru yang butuh cepat, aman dan efisien.”

Melihat bagaimana quote begitu mudah diterima, ada baiknya Anda membuat konten quote. Buat quote yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Pilih quote dari pakar yang sesuai dengan bidang. Misalnya bidang lifestyle menggunakan qoute dari Victoria Beckham, bidang entrepreneur dari Bob Sadino maupun IT dari Elon Musk atau Steve Jobs.

3. CTA Kuat

Photo by Matias Difabio on Unsplash

Call-to-action (CTA) adalah elemen dari sebuah halaman yang memberitahu follower Anda untuk mengambil langkah tertentu. Misalnya, di halaman produk, Anda menambahkan tombol berlabel “Beli Sekarang” atau “Add to Cart.” Tidak hanya itu, CTA juga bisa memanggil pengunjung untuk melakukan hal lain, seperti berlangganan milis, mengikuti halaman media sosial, atau berbagi/share konten.

“Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa penyesuaikan teks CTA berdasarkan pada pengguna, pengunjung, prospek, atau pelanggan yang membayar dapat meningkatkan rasio konversi penjualan.”

Tidak hanya konversi penjualan saja yang meningkat, hal ini bisa memperbanyak followers. Namun ada cara lain lho jika Anda ingin menambah followers Instagram secara alami dan tertarget. Anda bisa mencoba Activfans. Aplikasi ini membantu Anda memiliki banyak followers. Dengan mengaktifkan Activfans, segala urusan berkaitan dengan follower Instagram akan terasa mudah. Misalnya memberikan greeting di DM saat follow, memberikan like pada postingan akun lain, hingga cara lainnya agar follower kamu meningkat. Ingin segera mencoba Activfans, klik ► https://activfans.com.

4. Tonjolkan Nilai Jual

Photo by Gyorgy Bakos on Unsplash

Ada banyak iklan yang setiap hari Anda dengar, baca dan lihat. Dari sebuah penelitian, didapatkan data bahwa setiap hari ada 4.000 iklan bersinggungan pada manusia. Nah, dengan begitu banyaknya, iklan ini semacam suara noisy di radio maupun semut yang ada di TV bila sedang gangguan. Lalu dengan 4 ribu iklan setiap harinya, bagaimana produk Anda bisa menonjol dan dikenal orang? Anda membutuhkan pembeda sehingga orang bisa mengenal produk Anda. Karena itu, buatlah konten dengan menonjolkan nilai jual.

“Upload konten mengenai nilai jual produk Anda bisa menaikkan konversi penjualan hingga 67%.”

Nilai jual ini bisa dari apa saja. Misalnya untuk Anda yang menjual hijab, bisa mengeksplor dari bahan dan detail kain. Lalu tambahkan pula testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda. Cara ini juga bisa diaplikasi pada produk lainnya. Misalnya minuman berbahan kopi, gandum dan lain-lain.

5. Tampilkan Data Penting Secara Visual

Photo by mr lee on Unsplash

Salah satu konten yang sedang disukai adalah infografis. Biasanya infografis memuat data-data penting seperti hasil survei, fakta hingga hal yang baru yang tidak atau belum terungkap. Data itu disajikan dalam persen. Menariknya lagi orang yang melihat bisa langsung paham karena desainnya yang menarik dan tidak banyak tulisan.

“Gunakan desain menarik untuk merefleksikan brand karena 40% merespon dan paham informasi menggunakan visual daripada hanya tulisan.”

Karena indera penglihatan memiliki rangsangan paling cepat pada ingatan, inilah yang membuat gambar bisa cepat menyebar dari pada sekadar tulisan. Jangan heran bila meme hingga saat ini mudah sekali menimbulkan tawa. Instagram pun digandrungi karena menonjolkan sisi visual dari pada media sosial lainnya. Tuangkan berbagai fakta, data, dan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan melalui gambar yang berisi grafik, tabel, dan gambar yang menarik.

6. Perbanyak Video

Photo by ShareGrid on Unsplash

Jika konten gambar hanya fokus pada visual saja, video dianggap lebih unggul. Sebab ada penambahan audio yang bisa merangsang daya tangkap otak terhadap informasi. Di Instagram, konten video menjadi primadona karena dengan durasi yang pas bisa menyajikan informasi terkini.  Banyak channel berita yang menggunakan konten jenis ini.

“Menurut survei, ada 64% follower yang tertarik membeli produk setelah melihat video.”

Dengan menggunakan bentuk video, konten seperti tips, trik, diy (do it yourself) maupun how to mudah disampaikan ke followers. Tidak hanya di Instagram, untuk membuatnya menyebar dan viral, Anda bisa memaksimalkan ke media sosial lainnya.

7. Upload Screenshot

Photo by John T on Unsplash

Salah satu konten yang bisa meningkatkan kepercayaan sebuah brand dan calon konsumennya bisa menggunakan screenshoot. Hal ini ampuh untuk membuktikan bahwa bisnis Anda memiliki sejarah pelanggan yang puas. Bukti Anda bisa datang dalam bentuk penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial. Cara ini sangat penting untuk Anda yang baru dalam berbisnis online dan ingin membangun diri dengan cepat sebagai merek terpercaya.

“Faktanya, 84% orang membaca review untuk mengetahui pengalaman orang lain menggunakan sebuah produk.”

Selain itu, semakin banyak ulasan produk, semakin baik rasio konversi Anda. Memiliki lebih dari lima puluh ulasan produk dapat meningkatkan tingkat konversi sebesar 4,6 persen. Selain itu, kebanyakan calon pembeli pasti akan membandingkan beberapa produk yang sama sebelum memutuskan untuk membeli.

Demikianlah 7 contoh konten secara visual yang bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Meskipun berbentuk visual, Anda perlu juga fokus pada desain dasar produk Anda. Dari sana, Anda bisa mengembangkan saat ada promo per season. Anda perlu fokus branding visual produk agar konsumen tidak bingung dengan karakter bisnis online Anda.

Pembuatan konten ini dipercaya ampuh meningkatkan konversi penjualan dan memperbanyak follower. Namun ada cara lain jika Anda tertarik menambah follower. Misalnya dengan menggunakan Activfans. Aplikasi buatan anak bangsa ini terbukti sukses membantu ratusan online shop maupun selebgram dalam menarik perhatian calon pengikut. Dengan mengaktifkan alat optimasi ini, Anda akan mendapatkan followers secara alami dan tertarget. Sehingga yang Anda dapat bukan follower sembarangan. Mau mencoba Activfans? klik ► https://activfans.com.

Comments are closed