5 Trik Sukses Memulai Bisnis Fashion Online

5-trik-sukses-memulai-bisnis-fashion-online

Fashion adalah lini bisnis yang selalu mudah disukai banyak orang. Modelnya yang gonta-ganti setiap sesi seakan tidak pernah sepi peminat. Mengingat jumlah penyuka yang tidak terhitung dan keuntungan yang mudah didapat, kamu perlu mencoba bisnis ini. Apalagi jika dijalankan secara online.

Saat ini, berbisnis online telah menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai ladang meraup rupiah. Bahkan tidak jarang dari mereka yang menjadikan bisnis online sebagai mata pencaharian utama. Berbisnis online menjadi pilihan karena perubahan gaya hidup yang dipilih konsumen, dimana saat ini konsumen menyukai hal yang serba instan. Berbagai macam bidang bisnis kontemporer telah beralih menggunakan sistem online, baik bisnis penjualan hingga bisnis jasa, dari bisnis fashion hingga bisnis makanan.

Salah satu bidang bisnis yang terus berkembang secara online adalah bisnis fashion. Bisnis fashion secara online dianggap sangat menjanjikan dan menggiurkan. Kini, trend berbisnis fashion secara online menjadi fenomena berbisnis yang dicoba banyak pemain baru di dalam dunia bisnis online. Fashion online telah berkembang secara pesat, menjadikan banyak orang untuk berlomba-lomba menciptkan fashion brand mereka sendiri.

Seperti yang kita ketahui, bisnis fashion memang tidak ada matinya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat banyak sekali persaingan ketat di dalamnya. Untuk bisa bertahan dalam binis ini, dibutuhkan banyak inovasi baik dalam segi produk maupun sistem pemasaran. Nah, untuk kamu yang ingin sukses berbisnis fashion secara online, cek 5 trik sukses berbisnis fashion online berikut ini.

1. Tentukan fokus kategori

Photo by Anna L on Unsplash

Langkah pertama adalah menentukan kategori yang kamu inginkan. Saat ini terdapat 2 jenis kategori bisnis fashion online yang sering dipilih para pemilik binis fashion online, yaitu menjadi reseller atau menggunakan sistem self-manufactured. Kedua kategori tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan dana maupun kebutuhanmu.

“Sebelum memulai bisnis fashion online, kamu perlu memilih mendapat produk dari reseller atau membuat sendiri.”

Ketika memilih untuk menjadi reseller berarti kamu akan menjual produk yang didapatkan dari supplier. Tentu saja akan ada batasan-batasan dari supplier yang harus diikuti, baik dari segi ragam produk yang dijual maupun patokan harga yang boleh digunakan. Pastinya ada kelebihan dan kelemahan ketika kamu menjadi seorang reseller. Kelebihan yang didapat adalah kamu tidak perlu repot dalam hal pengadaan produk jualan. Supplier akan memberi informasi mengenai produk baru yang tentu saja akan selalu update, juga stok barang yang kecil kemungkinannya untuk habis. Sedangkan kelemahannya adalah akan banyak terdapat pesaing yang produk jualannya sama dengan yang kamu jual. Walaupun kamu dan pesaing menggunakan supplier yang berbeda, namun banyak supplier yang seringkali mengambil barang di tempat yang sama.

Pilihan selanjutnya adalah memproduksi produkmu sendiri atau biasa disebut sebagai sistem self-manufactured. Saat ini sistem self-manufactured sedang ramai dipilih oleh pemilik bisnis fashion online karena dapat berkreasi dengan inovasi model sesuai keinginan sehingga akan sangat kecil kemungkinan untuk menjual produk dengan model yang sama. Kamu juga bisa memainkan harga jual. Namun sama halnya dengan menjadi reseller, sistem ini juga memiliki kelemahan yaitu butuh waktu yang lama untuk pengadaan produk jualan.

2. Berbeda dan unik

Photo by Tamara Bellis on Unsplash

Langkah yang kedua ini khusus diperuntukan bagi kamu yang memilih berbisnis fashion online menggunakan sistem self-manufactured atau melakukan proses produksi produk yang akan dijual. Hal ini merupakan salah satu langkah terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih sistem self-manufatcured. Dalam dunia bisnis fashion, desain model adalah patokan utama. Desain akan menentukan minat calon konsumen dan juga peningkatan penjualan.

“Untuk bisa menarik perhatian, tentu saja desain dibuat harus berbeda. Dari cutting hingga kancing yang dipilih.”

Dalam menggunakan sistem self-manufactured, kamu juga harus mempersisapkan merk yang akan digunakan untuk mengklaim hasil desainmu. Harus kamu ingat bahwa ketika memproduksi sendiri produk fashion, kamu harus mempersiapkan label yang nantinya akan dipasangkan ke produk jualan. Label merk akan memberikan identitas pada produk yang dijual, menandakan bahwa produkmu merupakan produk self-manufactured.

Untuk pemilihan merk, sebaiknya kamu memilih sebuah nama yang unik namun mudah diingat oleh konsumen. Hindari penggunaan kata yang terlalu sulit dan tidak mudah diucapkan. Pilihlah sebuah nama yang menggambarkan produk/bisnis onlinemu.

3. Optimalkan fungsi media sosial

Photo by Tracy Le Blanc from Pexels

Saat ini cara mudah mengenalkan sebuah produk terbaru lebih banyak menggunakan pendekatan secara online. Tidak terkecuali bisnis fashion online. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan media sosial. Ini merupakan cara pertama mendekatkan produkmu dengan audiens. Buat akun di Instagram bisnis dan kaitkan ke Facebook. Lalu mulailah memposting konten-konten yang mendukung produk terbaru dari bisnis fashionmu.

“Salah satu upaya promosi di media sosial yang ampuh mengangkat produk fashion adalah dengan menggunakan jasa endorse.”

Yang tidak kalah penting dari me-manage Instagram adalah perkembangan jumlah followers. Karena indikator sebuah brand maupun produk bisa mendapatkan trust dari audiens, sejauh ini masih berkisar pada jumlah followers. Inilah yang membuat para social media manager melakukan apa saja agar mendapatkan banyak followers. Salah satu cara yang tercepat memang membeli followers namun Instagram sering melakukan swipe up pada akun-akun bot yang diklaim tidak pernah melakukan aktivitas.

Daripada beli followers yang mudah sekali hilang, kenapa tidak menggunakan Instagram tools yang bisa mendatangkan followers secara natural. Misalnya Activfans. Tools ini terbukti telah membantu 11 ribu online shop dalam mendapatkan followers. Tidak hanya followers saja tetapi juga jumlah likes. Bila konten yang kamu buat sesuai, maka jangan heran jika kamu bisa mendapatkan puluhan likes dalam sekali posting.

Mau segera menggunakan Activfans? Klik ► https://activfans.com.

4. Promosi harga

Photo by Ivandrei Pretorius from Pexels

Sama seperti bisnis pada umumnya, baik bisnis secara online maupun offline, anda akan membutuhkan trik untuk menarik minat konsumen dan mecapai target penjualan anda. Salah satu trik yang selalu digunakan oleh para pemilik bisnis adalah mengadakan promosi harga secara berkala. Semua orang pasti menyukai promosi harga. Karena itu ada baiknya anda mencoba mengadakan promosi harga agar para konsumen lebih sering membeli produk jualan anda dan menjadikan para konsumen menjadi lebih loyal.

“Memberikan promosi potongan harga dipercaya ampuh mendatangkan lebih banyak audiens.”

Promosi harga bisa anda lakukan secara bervariasi, baik melalui pemberian diskon maupun harga paket. Anda juga bisa memberikan promosi harga pada hari-hari tertentu, misalnya hari libur nasional, hari konsumen, dll. Namun perlu diingat bahwa anda harus melakukan perhitungan biaya yang matang untuk mencegah anda mengalami kerugian ketika anda memberikan promosi harga pada produk jualan anda.

5. Pelayanan terbaik

Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Rahasia sukses semua bisnis, baik di toko offline maupun online, adalah pelayanan yang memuaskan. Kamu harus memberikan pelayanan yang ramah dan bersahabat. Hal ini akan membuat konsumen memberikan poin plus untuk bisnis online, juga akan membuat mereka menjadi mudah mengingat bisnis online milikmu. Masih ingat promosi dari mulut ke mulut? Faktanya promosi tradisional ini semakin sukses mengangkat sebuah brand jika didukung dengan pelayanan yang baik.

“Dengan memberikan pelayanan yang baik, konsumen akan selalu mengingat bisnismu dan memberikan testimoni pada orang terdekatnya.”

Karena itu kamu perlu memberikan respon yang cepat ketika menerima chat dari konsumen. Juga dalam menjawab pertanyaan, usahakan kamu menggunakan bahasa yang bersahabat, meskipun terkadang terdapat konsumen yang senang mengulang pertanyaan dan berbelit-belit. Untuk memudahkan, kamu perlu memberikan waktu bekerja. Misalnya pelayanan customer dilakukan pada jam tertentu.

Nah, untuk kamu yang ingin memulai binis fashion secara online bisa mengikuti 5 Trik Sukses Berbisnis Fashion Online di atas. Tentunya dalam mengembangkan bisnis, kamu akan membutuhkan waktu dan proses. Namun jangan mudah menyerah ya. Yang harus diingat adalah usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Selamat mencoba.

Sekadar mengingatkan, untuk kamu yang tertarik menambah followers secara alami, kamu bisa menggunakan Activfans. Tool Instagram ini cocok untuk kamu yang mau mendapatkan followers secara natural. Syaratnya, kamu hanya perlu memahami karakter bisnis onlinemu lalu aplikasikan pada hashtag dan sistem di Activfans. Jika masih bingung, kamu akan dibantu oleh CS yang siap membimbing kamu.

Mau segera mendapatkan banyak followers? Klik ► https://activfans.com.