5 Tips Setting Fitur Belanja Add to Cart di IG

Pernahkah kamu mengetuk sebuah gambar produk di Instagram lalu muncul deskripsi link dan harga? Itulah wujud fitur belanja di Instagram. Fitur belanja memang bukan hal yang baru.Ā Layanan belanja atau Instagram Shopping Service telah diluncurkan sejak Oktober 2017 namun hanya di Amerika Serikat. Beberapa brand besar sepertiĀ Marks & Spencer, Heidi Klein, dan Mahabis sudah memulainya.

Sukses di Amerika, fitur belanja diluncurkanĀ di tujuh negara lain. Antara lain Kanada, Brasil, Australia, Inggris, Italia, Jerman dan Prancis pada Maret 2018. Kini, sejak tahun lalu, penggunaan fitur ini mulai bisa diaplikasikanĀ  di Indonesia. Siapapun bisa menggunakan fitur terbaru ini, apalagi untuk owner bisnis online.

Apakah fitur belanja ini penting? Sejauh apa membantu bisnis online? Dilansir dari Wired, Amy Cole selakuĀ Head of Brand Development Instagram mengatakanĀ fitur belanja online terbaruĀ ini akan membantu bisnis-bisnis yang lebih kecil untuk menghindari aliranĀ revenueĀ tradisional dan langsung menjangkau konsumer. Fitur iniĀ mempermudah proses jual beli dan menghubungkan kostumer dengan aneka retailers di seluruh dunia.

Hasilnya, bisa jadi bisnis online kamu akan mendapat konsumen dari luar negeri hanya karena adanya fitur belanja tersebut. Ingin segera menggunakan fitur belanja ini? Activfans telah merangkum apa saja yang perlu dipersiapkan agar akun Instagram kamu bisa menggunakan fitur belanja ini termasuk tips dan triknya. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Pahami syarat pengaktifan fitur belanja

Photo by freestocks.org on Unsplash

Fitur belanja di Instagram tidak bisa kamu nikmati secara langsung. Ada beberapa tahap yang perlu kamu pahami dan diaktifkan secara manual. Apa saja tahapan tersebut? Berikut ini syarat dan ketentuan yang perlu kamu pahami.

  • Akun harus disetujui untuk berbelanja di Instagram untuk menampilkan produk dalam feed maupun stories Instagram.
  • Pastikan kamu update dan memiliki versi terbaru dari aplikasi Instagram.
  • Kamu seharusnya sudah menyelesaikan pengaturan untuk berbelanja di Instagram sebelum dapat mengaktifkannya dari Aplikasi Instagram.

2. Syarat persiapan fitur belanja

Photo by Yura Fresh on Unsplash

Agar disetujui untuk penggunaan fitur belanja di Instagram, akun Instagram dan bisnis kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Mematuhi perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan kami. Bisnis harus mematuhi perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan kami
  • Memiliki Profil Instagram Business. Akun Instagram harus dikonversi menjadi profil bisnis
  • Akun Instagram terhubung dengan Facebook Page. Profil bisnis Instagram harus terhubung ke Facebook Page. Facebook Page dengan batasan negara dan usia atau yang menggunakan tombol “Pesan untuk Membeli” harus menyesuaikan opsi ini di pengaturan Page sebelum dapat menggunakan belanja di Instagram.
  • Kegiatan utama di akun Instagram adalah menjual barang fisik. Akun Instagram harus merupakan bisnis yang fokus menjual barang-barang fisik. Pihak Facebook Inc terus menguji fitur ini dan berharap dapat segera memperluas jaringan untuk dapat digunakan lebih banyak akun.
  • Profil Bisnis harus terhubung ke Katalog Facebook. Tindakan ini dapat dibuat dan dikelola di Pengelola Katalog atau Pengelola Bisnis di Facebook, atau melalui platform Shopify atau BigCommerce.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, akun akan ditinjau agar dapat mengakses fitur tersebut. Jika akun sudah disetujui, kamu akan menerima notifikasi dari Instagram dan dapat mencentang Pengaturan untuk mengaktifkan penandaan produk.

Untuk kamu yang memiliki permasalahan mengenai operasional akun Instagram dan bagaimana me-maintance, kenapa kamu tidak tertarik menggunakan alat optimasi. Misalnya seperti alat optimasi Activfans. Tools ini terbukti membantu meningkatkan performa akun Instagram. Terlebih jika akun Instagram yang fokus untuk bisnis online.

Mau tahu fitur-fitur Activfans? Klik ā–ŗĀ https://activfans.com.

3. Langkah pengaktifan fitur belanja

Photo by S O C I A L . C U T on Unsplash

Untuk mengaktifkan kemampuan menampilkan produk dari Aplikasi Instagram, kamu perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka profil Anda dan ketuk tanda strip tiga
  • Ketuk Pengaturan
  • Ketuk Bisnis
  • Ketuk Belanja. Catatan: Pilihan untuk mengetuk Belanja hanya tersedia untuk akun yang telah disetujui untuk berbelanja di Instagram.
  • Ketuk Lanjutkan.
  • Pilih katalog produk untuk dihubungkan ke profil bisnis Anda.
  • Ketuk Selesai.

Jika tidak melihat fitur belanja, akun kamu mungkin masih dalam peninjauan atau belum disetujui untuk berbelanja di Instagram. Proses peninjauan dapat memakan waktu hingga beberapa hari, tetapi karena terkadang perlu meninjau sebuah akun secara lebih rinci, maka bisa memakan waktu lebih lama.

4. Berikan tag harga pada gambar produk

Photo by Kaitlyn Chow on Unsplash

Setelah fitur belanja sukses disetujui, kamu perlu memberi tag harga pada gambar atau korsel. Cara ini membuat konsumen bisa melihat nilai lebih dari foto produk. Jika kamu berinvestasi dalam katalog produk berkualitas tinggi, hal ini membuat produk Anda terlihat luar biasa. Yang tidak kalah penting, pastikan tag mana yang cocok untuk setiap item.

“Beri jarak antara tag harga agar fitur belanjaĀ mudah dinavigasi dan meminimalkan kemungkinan calon konsumen maupun pelanggan kebingungan.Ā “

Produk yang diberi tag harga pada feed harusĀ tercantum pada katalog produk Facebook. Gunakan deskripsi yang jelas dan penamaan yang mudah diketahui oleh calon konsumen maupun pelangganmu. Alangkah baiknya menggunakan nama produk yang konsisten. Tidak hanya di feed, katalog Facebook Page hingga saat di marketplace. Biasakan untuk memeriksa ulang semua tag item seperti mengecek ejaan dalam captionmu.

5.Ā Ketahui cara kerja algoritma Instagram

Photo by Charles šŸ‡µšŸ‡­ on Unsplash

Postinganmu akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik di mata folowers dan di tab “Explore” jika bisa mengikuti perkembangan cara kerja algoritma Instagram. Artinya, kamu sukses memberikan konten yang dianggap Instagram baik sehingga followers pun terlibat. Saat Instagram berkembang menjadi perluasan platform e-commerce/ marketplace-mu, penting untuk membuat pelanggan merasa cocok secara alami.

“Transisi dari mengklik gambar produk pada fitur belanja di postingan Instagram ke halaman produk itu sendiri harus mulus.”

Selain itu, pastikan bahwa feed dan stories Instagram mencerminkan penampilan sebenarnya dari produk tersebut. Misalnya berkaitan dengan ukuran, detail, warna, dan fungsi harus konsisten antara tulisan tag dan halaman produk. Jika tidak, orang akan bingung atau kesal ā€” dan kamu akan kehilangan penjualan.

Demikianlah 5 tips menggunakan fitur belanja di Instagram. Pengalaman posting foto produk di feed maupun stories yang dapat dibeli di Instagram adalah peluang luar biasa untuk meningkatkan penjualan. Cara ini juga dapat memudahkan pelanggan untuk menemukan dan jatuh cinta pada produk bisnismu. Selamat mencoba.

Untuk kamu yang merasa kewalahan dalam mengatur akun Instagram, apalagi followers tidak kunjung bertambah, likes hanya segitu-gitu saja, kenapa tidak menggunakan alat optimasi saja? Misalnya alat optimasi Instagram, Activfans. Tools ini ampuh meningkatkan engagement dengan followers didukung fitur-fitur terkini. Misalnya dengan fitur DM yang langsung menyapa followers sejak mereka klik tombol “follow” sehingga engagement dengan followers bisa meningkat.

Mau tahu fitur-fitur Activfans lainnya? Klik ā–ŗĀ https://activfans.com.