5 Tips Menghadapi Lonjakan Pembeli Online Jelang Lebaran

activfans-Tips-Menghadapi-Lonjakan-Pembeli-Online-Jelang-Lebaran-konsumen-ramadan-kareem

Menjelang Lebaran, pembeli akan lebih banyak melakukan transaksi belanja. Karena itu, kerap terjadi lonjakan permintaan pembelian. Tidak terkecuali pada bisnis online. Fakta ini sesuai dengan survei Marketing Research Indonesia yang mencatat bahwa 61% masyarakat Indonesia memiliki alokasi dana yang lebih tinggi untuk dibelanjakan di momen Ramadan dan Idul Fitri.

Dengan peningkatan daya beli yang berbeda kalangan masyarakat. Masing-masing peningkatan dibagi menjadi, masyarakat kalangan atas 15%, menengah 20% dan bawah 30%.

Ini momen yang langka karena hanya datang setahun sekali. Alangkah baiknya kamu menggunakan kesempatan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Apalagi Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi pebisnis, terutama bagi kamu yang mempunyai usaha di bidang retail, busana, kuliner, furniture dan parcel bahkan rental mobil.

Mengingat akan terjadi lonjakan pembelian dari konsumen online, kamu perlu waspada dengan mempersiapkan beberapa hal. Apa saja? Berikut ini 5 tips menghadapi lonjakan pembeli online jelang Lebaran.

1. Menambah jumlah stok barang

Photo by Helloquence on Unsplash

Kamu harus menjaga kuantitas inventory seimbang dengan tingkat permintaan konsumen. Pada umumnya, jika jumlah stok pada inventory berada di bawa batas permintaan konsumen, Anda harus menambah jumlah stok guna menghindari kehabisan stok. Metode mengatur inventory toko online cocok diterapkan pada barang-barang yang memiliki harga stabil.

“Jika masih bergantung pada supplier, pastikan bahwa supplier kamu memiliki kapasitas untuk melayani lonjakan permintaan menjelang lebaran.”

Namun ada baiknya juga untuk berjaga-jaga, kamu mencoba mencari supplier lain buat cadangan. Terutama jika kamu bermain sebagai dropship. Tidak lucu ketika kamu terlanjur menambah budget uang untuk marketing tapi ternyata stok produk kamu tidak mencukupi kebutuhan pasar.

2. Hitung permintaan pasar

Photo by Zoe Deal on Unsplash

Seni menghitung peluang dan mengambil hipotesis dari pergejolakan permintaan membutuhkan sumber dari berbagai data di masa lampau terkait penjualan di tahun sebelumnya dan menggunakan data tersebut sebagai referensi melakukan pengumpulan barang yang efisien.

“Dengan mengatur toko online, kamu dapat memimalisir kerusakan maupun kekurangan produk saat permintaan pasar sedang tinggi.”

Metode atur inventory toko online di bulan Ramadan ini sangat penting bagi kamu yang konsisten berjualan melalui toko online, karena berpengaruh signifikan pada angka penjualan dan meminimalisir kerugian akibat stok barang mati tidak terjual atau mengalami kerusakan.

3. Tambah biaya iklan

Photo by Will Francis on Unsplash

Menjelang Lebaran, permintaan pasar pasti bertambah, terutama jika bisnis kamu adalah bisnis fashion, snack, parsel, atau travel. Inilah saat yang tepat untuk meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Jadi jangan ragu untuk menambah budget beriklan supaya kamu dapat menjangkau customer lebih banyak lagi.

“Gunakan momen lonjakan ini sebagai kesempatan kamu mengembangkan online shop. Caranya dengan beriklan.”

Ada cara lain lho dalam menjangkau konsumen online lebih luas. Cara ini diklaim lebih mudah karena menggunakan sistem yang terintegrasi langsung dengan Instagram. Nama tool-nya Activfans. Tool ini membantu online shop dalam menjangkau pembeli online berdasarkan pada karakter bisnis kamu. Misalnya dengan hashtag yang relevan, kamu bisa mendapatkan calon pembeli. Kamu tinggal mengatur sesuai dengan lokasi, kesukaan, hobi, dan lain-lain.

Mau tahu Activfans lebih lengkap, klik ► https://activfans.com.

4. Antisipasi jasa kurir

Photo by Ciel Cheng on Unsplash

Banyaknya pengiriman terkadang membuat overload pengiriman. Lonjakan order menjelang lebaran cenderung menyebabkan beberapa jasa kurir dan pengiriman barang mengalami keterlambatan, terutama jasa kurir terkenal. Oleh karena itu, manfaatkan perusahaan logistik baru yang masih berkembang namun memiliki reputasi baik untuk bekerjasama dengan online shopmu.

“Kamu perlu melakukan kerjasama dengan pengiriman lainnya agar proses ini tidak mengalami keterlambatan.”

Selain itu, kamu bisa memberitahu pembeli maupun pelanggan online agar tidak melakukan order di saat mepet lebaran. Ini merupakan cara menghindari pengiriman yang molor sehingga terlambat di tangan pembeli.

5. Tambah tenaga bantuan

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Tidak hanya toko offline saja yang membutuhkan fisik tubuh yang kuat jika menghadapi penjualan yang meningkat. Toko online pun begitu. Biasanya kendala yang dihadapi adalah banyaknya chat yang masuk secara bertubi-tubi yang terkadang miss oleh bagian CS. Belum lagi bila permintaan sangat melimpah di waktu dengan mepet. Sedangkan tenaga untuk meng-handle terbatas.

“Tenaga fisik yang kuat di bulan puasa merupakan modal penting menghadapi penjualan yang meningkat di minggu terakhir menjelang Lebaran.”

Hal utama yang harus kamu perhatikan yaitu menjaga kesehatan kamu sendiri termasuk karyawan. Khususnya saat memasuki bulan puasa, baik kamu maupun karyawan tetap berpuasa sekaligus bekerja, sehingga kurangi waktu lembur agar kesehatan terjaga dan bisnis tetap berjalan dengan lancar.

Demikianlah hal-hal penting yang wajib diperhatikan online shop saat menjelang lebaran. Bila melakukan hal tesebut, kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat. Yuk, siapkan bisnis online kamu dengan cara yang tepat agar bulan Ramadan ini menjadi momen terbaik untuk memajukan online shop. Sudahkah kamu siap menghadapi gelombang pasang permintaan menjelang lebaran?

Sekadar mengingatkan untuk kamu yang tertarik mengelola bisnis online di Instagram agar lebih mudah menjangkau calon konsumen, ada tool yang bisa kamu coba. Namanya Activfans. Tool ini telah terbukti sukses membantu puluhan ribu online shop dalam meningkatkan jumlah followers dan mendapatkan likes lebih banyak dari biasanya. Cara penggunaannya mudah. Kamu juga akan dibimbing CS Activfans dalam mengoptimalkan penggunaan. Jadi, tidak ada kata sulit maupun gaptek. Semuanya bisa mencoba dan merasakan manfaat dari Activfans.

Mau tahu lebih lengkap soal Activfans? Klik ► https://activfans.com.