3 Tips Mudah Kelola Omzet Bisnis Online Setelah Lebaran

activfans-Tips-Mudah-Kelola-Omzet-Bisnis-Online-Setelah-Lebaran-mudik-online-shop-THR

Tips mengelola omzet setelah lebaran ini penting karena akan membantu alur bisnis online kamu. Bisa dikatakan ini merupakan momen yang pas. Sebab setelah bulan Ramadan yang membuat penjualan kamu meningkat dan tentu saja ini bersinggungan dengan pendapatan kamu, biasanya ada masa transisi.

Sebulan pertama setelah lebaran penjualan menurun. Bahkan hasilnya bisa lebih turun dari satu bulan sebelum bulan puasa. Meski penjualan tak lagi meningkat, ini merupakan waktu yang pas untuk kembali menata omzet bisnis online kamu. Karena ketika kamu memiliki sebuah usaha, akan selalu ada hal yang dapat diperbaiki dan dikembangkan, salah satunya adalah keuangan.

Melewati bulan Ramadan, pengelolaan keuangan menjadi sangat penting mengingat terjadinya peningkatan omzet pada saat-saat ini. Pengelolaan omzet toko online pasca Lebaran yang benar akan membantu kamu mengembangkan usaha dan juga membuat keuangan menjadi lebih efektif.

Untuk itu, simak beberapa tips mengelola dan mengatur omset toko online pasca Lebaran berikut untuk mengembangkan usaha yang kamu miliki. Activfans telah merangkum 3 hal penting yang perlu kamu ketahui tentang cara mengatur omzet bisnis online. Apa saja? Berikut 3 tips mudah kelola omzet bisnis online setelah lebaran.

1. Bikin rencana pengeluaran

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Hal paling mendasar dalam mengatur omzet usaha adalah membuat perencanaan pengeluaran yang diperlukan dengan menggunakan omzet penjualan toko online-mu. Pertama-tama, pisahkan semua biaya operasional dan modal awal dari omset pasca Lebaran. Sisa dari omzet yang merupakan keuntungan ini bisa kamu gunakan baik untuk mencoba usaha baru, mengembangkan usaha, ataupun keperluan pribadi.

“Terlepas dari untuk apa omset ini, pastikan semuanya telah direncanakan dengan matang sehingga setiap pengeluaran bisa ditelusuri dengan pasti.”

Selain itu, kamu juga perlu menyisihkan sejumlah uang untuk kepentingan usaha juga merupakan tips mengelola keuangan yang penting. Sisihkanlah beberapa persen dari omzet pasca Lebaran usaha untuk uang kas perusahaan yang akan digunakan untuk kepentingan perusahaan agar semakin berkembang. Selain untuk kepentingan operasional, uang kas ini juga bisa “menambal” keperluan-keperluan mendadak dari usaha onlinemu.

2. Segera lunasi pinjaman

Photo by Alexander Mils on Unsplash

Untuk memenuhi keperluan di hari raya, mungkin ada dari kamu yang mengajukan pinjaman ke bank. Hal ini dapat menyebabkan bertambahnya beban keuangan di kemudian hari untuk melunasi utang tersebut. Terlebih mungkin sebagian orang mengajukan pinjaman ini tanpa memprediksi kemampuannya untuk melunasi pinjaman tersebut. Apabila ternyata Anda tidak sanggup membayarkan utang tersebut, Anda dapat mencoba menegosiasikan utang kartu kredit atau KTA yang kamu miliki kepada pihak bank. Cara ini dapat memberi kamu kemudahan dan keringanan dalam melunasi utang.

“Dengan segera membebaskan diri dari utang, kamu dapat kembali menstabilkan kondisi keuangan bisnis onlinemu.”

Tidak perlu berlama-lama berkutat dengan utang, kamu dapat langsung mencari program keringanan agar utang tersebut dapat langsung dilunasi. Kamu dapat memanfaatkan perusahaan yang menyediakan program manajemen utang, perusahaan seperti ini dapat membantu kamu mengelola dan memutuskan jenis utang mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dengan bantuan tim profesional.

3. Alokasikan untuk perkembangan bisnis

Photo by Dai KE on Unsplash

Tujuan dari memiliki usaha sendiri adalah untuk mendapatkan uang dan mengembangkan perusahaan tersebut hingga cukup besar. Cara terbaik untuk mengembangkan perusahaanmu adalah untuk mengalokasikan sebagian dari omzet toko online pasca Lebaran untuk mengembangkan perusahaanmu. Hal ini bisa dilakukan dengan mencoba inovasi-inovasi produk toko online milikmu hingga memperluas pemasaran dari usaha yang kamu miliki.

“Mengingat bisnis online kamu bergerak secara online. Tidak ada salahnya jika kamu mengoptimalkan dalam penggunaan teknologi.”

Inovasi ini bisa melingkupi banyak hal. Namun jika kamu tertarik mengembangkan bisnis online lewat teknologi, kamu bisa melakukan dari hal-hal kecil. Misalnya, apakah followers di media sosial kamu sudah optimal? Apakah likes setiap postingan kamu sudah cukup? Jika keduanya jawabannya tidak, maka kamu perlu melakukan perombakan kecil. Kamu perlu alat pendukung pada media sosial bisnis online kamu agar followers dan likesnya meningkat secara alami. Kamu membutuhkan Activfans yang telah terbukti ampuh membantu puluhan ribu online shop dalam meningkatkan engagement dengan audiens.

Dengan menggunakan Activfans, urusan dengan audiens menjadi lebih ringan. Kamu akan dipermudah dengan DM yang bisa langsung menyapa followers baru kamu sejak kali pertama mereka klik tombol follow. Kamu juga bisa mengatur target market yang dituju sehingga pertumbuhan followers sesuai dengan karakter bisnis online kamu. Sehingga followers baru kamu merasa relevan dengan konten dan menyukainya lalu klik likes. Seketika postingan kamu mendapat banyak likes dari followers baru. Sangat mudah, bukan?

Mau tahu lebih banyak soal fitur-fitur terkini Activfans? Klik ► https://activfans.com.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan usahamu yang akan sangat berguna di hari-hari yang akan mendatang. Pastinya kamu mengerti betapa pentingnya mengelola keuangan untuk bisnis online, kan? Memiliki pembukuan tentang pemasukan dan pengeluaran yang rapi akan sangat membantumu untuk mengetahui kondisi keuangan online shopmu. Namun jika belum, kamu bisa mencoba 3 tips mudah kelola omzet bisnis online setelah lebaran ini. Selamat mencoba.