3 Tips Mengatasi Akun IG Terkena Shadowban

Apakah Anda pernah mengalami atau memperhatikan perubahan yang tiba-tiba pada akun Instagram Anda? Misalnya, penurunan engagement, jumlah followers yang berkurang atau postingan Anda tidak muncul dalam hashtag feed? Jika itu terjadi, bisa jadi Anda adalah korban shadowban Instagram.

Kok bisa, Anda menjadi korban? Apa itu shadowban Instagram? Bagaimana caranya mengatasi shadowban dan agar tidak terkena lagi. Buat Anda yang penasaran, simak artikel ini.

Shadowban adalah tindakan tegas dari Instagram untuk mencegah perilaku yang dianggap meresahkan pengguna lainnya. Adanya shadowban pada tiap-tiap pengguna terjadi dengan cara yang berbeda. Misalnya postingan yang tidak terbaca hashtagnya atau jumlah likes yang didapat berbeda dari postingan lainnya. Begitu pula dengan penyebab terjadinya shadowban.

Ada yang sengaja mematuhi aturan tidak tertulis dari Instagram dengan menulis caption yang menarik, menggunakan hashtag yang baik, hingga tidak memposting berkali-kali dalam sehari namun tetap saja terkena shadowban. Hal ini terjadi pada banyak pengguna Instagram sehingga mereka harus ‘mengistirahatkan’ akun selama beberapa saat sebelum digunakan kembali.

Untuk menghindari atau mengatasi akun Instagram yang terkena shadowban, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Berikut ini 3 tips mengatasi akunIG terkena shadowban.

1. Spam tindakan

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Instagram memiliki batasan waktu pada seberapa sering Anda dapat mem-follow, berhenti follow, memberikan likes, berkomentar, atau memposting dalam satu jam atau sehari. Akankah masuk akal jika Anda mengikuti 80 orang dalam waktu sejam? Jika Instagram merasa hal itu tidak mungkin dan dianggap bot, Anda bisa terkena shadowban.

“Batasi penggunaan klik follow, likes dan berkomentar terlalu sering. Apalagi jika dilakukan melebihi batas maksimum. Sebab Instagram akan menganggap Anda bot dan melakukan shadowban.”

Spam tindakan ini mungkin membantu Anda menumbuhkan pengikut dengan cepat tapi mereka tidak dapat membantu Anda terhubung dengan followers yang tepat, itulah sebabnya Anda ada di Instagram. Selain itu, perilaku ini kemungkinan menghasilkan shadowban, yang sangat membatasi penyebaran konten ke audiens baru.

2. Menggunakan banned hashtag

Photo by rawpixel.com from Pexels

Terkadang, tagar populer akan dibanjiri dengan konten yang tidak pantas. Ketika ini terjadi, Instagram dapat menghapus tagar atau membatasi penggunaannya. Jika Anda menggunakan tagar yang rusak atau banned, itu akan mencegah peringkat hashtag yang lain, dan juga dapat menyebabkan akun yang diblokir.

“Gunakan hashtag yang relevan dengan postingan dan hindari yang populer.”

Sebelum klik post, pahami hashtag yang dipilih. Jika perlu, Anda wajib melihat daftar tagar yang dilarang untuk tahun 2018 atau tahun ini. Pastikan untuk menghilangkan semua tagar yang banned dari konten Anda. Berlaku selektif dan hati-hati akan menghindarkan konten Anda dari pemilihan hashtag yang dilarang Instagram.

3. Beli followers palsu

Photo by bruce mars from Pexels

Cara instant ini dianggap paling cepat dan menggiurkan untuk mendatangkan banyak followers secara cepat. Apalagi untuk para pengguna Instagram baru. Tinggal bayar dan followers Anda segera bertambah sesuai dengan orderan. Namun cara ini juga mudah sekali membuat akun Instagram di-shadowband. Sebab cara ini dianggap tidak alami.

“Membeli ribuan followers palsu dan menambahkan secara cepat hanya akan membuat akun Anda di-shadowband oleh pihak Instagram.”

Memiliki ribuan followers memang impian setiap pengguna Instagram sebab banyaknya jumlah followers masih menjadi tolok ukur sebuah akun dianggap bisa dipercaya. Tidak hanya jumlah followers saja, engagement pun kini bisa ukuran. Akibatnya tidak hanya followers saja yang dibeli. Jumlah likes bahkan komentar pun bisa dibeli. Jika semua ini diterapkan pada sebuah akun Instagram, bisa jadi akun tersebut langsung di-shadowband.

Nah, tidak mau hal ini terjadi pada Anda, kan? Daripada membeli followers palsu, kenapa tidak menggunakan alat optimasi Instagram sehingga Anda mendapatkan followers yang alami, organik dan tertarget. Seperti yang ada pada Activfans. Alat optimasi ini memiliki pengaturan manual maupun otomatis yang akan membantu kinerja akun Instagram Anda sehingga terlihat alami.

Mau segera merasakan Activfans secara langsung? Klik ► https://activfans.com.

Demikianlah 3 tips mengatasi akun IG terkena shadowban. Yang paling penting, usahakan untuk selalu memposting konten yang bermanfaat, otentik, dan mematuhi praktik saat ingin memperbanyak audiens Anda. Ini memang akan memakan waktu lebih lama tapi secara mantap akun Instagram Anda akan memiliki banyak followers tanpa takut dibayangi shadowban. Selamat mencoba.