3 Fakta Penting Tentang Fitur Close Friends

Sejauh mana ukuran Anda akan membagi cerita ke Instagram? Beranikah Anda berbagi cerita konyol, super cerewet, dan kisah kebodohan tanpa takut atasan, orangtua atau orang yang tidak seberapa kenal akan menonton.  Karena kondisi kikuk seperti ini, Instagram meluncurkan fitur “Close Friends” (teman dekat).

Di Indonesia, fitur ini telah berjalan selama setahun. Periode ini rupanya masuk dalam masa uji coba yang dilakukan Instagram selama 17 bulan. Klimaksnya, Instgaram merilis fitur “Close Friends” untuk Instagram Stories secara global. Apa maksud Close Friends? Fitur Close Friends memungkinkan pengguna untuk membuat daftar teman-teman terdekat. Daftar tersebut merupakan teman-teman terpilih yang bisa melihat Instagram Stories-nya.

Saat Anda menambahkan lebih banyak orang [di jejaring sosial apa pun], Anda mulai tidak mengenal mereka. Hal itu akan membuat Anda berpikir ulang ketika akan membagikan cerita unik pada hanya teman-teman terdekat Anda karena pada dasarnya Anda sangat pemilih pada siapa cerita ini akan disebar,” kata direktur produk Instagram Robby Stein, yang mengumumkan berita di panggung di TechCrunch Disrupt Berlin. “Untuk menjadi diri sendiri dan terhubung dengan teman-teman terbaik, Anda membutuhkan ruang sendiri.”

Untuk itu, lahirlah fitur Close Friends di Instagram Stories. Berikut ini 3 fakta penting tentang fitur Close Friends di Instagram. Cek ulasan berikut ini.

1. Cara Penggunaan Fitur yang Mudah

Photo by Callie Morgan on Unsplash

Jika Anda pernah melihat Stories dengan bulatan berwarna hijau, itu tandanya pemilik akun memilih Anda masuk dalam kategori teman dekat sehingga bisa melihat Stories tersebut. Teman yang ditambahkan tidak akan mendapat notifikasi yang mengatakan bahwa mereka telah ditambahkan, atau juga ketika mereka dihapus dari daftar “Close Friends”.

Robby Stein bercerita telah menghabiskan hari untuk menyempurnakan fitur Close Friends. Fitur ini seakan menjadi jalan keluar bagi siapapun yang berbagi Stories yang terlalu pribadi. Dia mengatakan banyak remaja menemukan gagasan “Finstagram,” atau akun Instagram palsu, untuk berbagi posting feed hanya kepada orang-orang favorit mereka tanpa tekanan untuk terlihat keren. Sekarang Instagram meresmikan ide itu menjadi “Finstastories” melalui Close Friends.

“Close Friends menjadi jalan keluar bagi siapapun yang ingin berbagi Stories namun terlalu pribadi.”

Untuk dapat menikmati fitur ini, tentunya Anda harus membuat daftar teman di mode Close Friends sebagai awalan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat daftar Close Friends:

  • Masuk ke Instagram, akses tab Profile yaitu di bagian paling kanan bawah.
  • Setelah itu tekan bagian Close Friends yaitu ikon bulat dengan tanda bintang di bagian dalam. Tekan Edit Your Close Friend List.
  • Silakan pilih daftar teman yang ingin kamu tambahkan di bagian Close Friends dari tampilan Close Friends List. Tekan tombol Add atau gunakan fitur pencarian dari daftar teman yang kamu ikuti di Instagram.

2.  Diuji Coba Selama 17 Bulan

Photo by freestocks.org on Unsplash

Memang tidak selamanya privasi itu bekerja baik.  “Tidak ada yang pernah menguasai grafik teman dekat dan tidak mudah membuat orang untuk memahami,” ungkap Stein. Menurut dia, jalan menuju berbagi secara privasi seakan tidak mungkin. Inilah yang membuat durasi uji coba Instagram memakan waktu 17 bulan.

“Banyak media sosial tidak bertahan lama karena dinilai terlalu menutup ruang privasi. Misalnya Google+ dan Snapchat yang mulai dilupakan.”

Produk “Daftar” Facebook berjuang untuk menemukan daya tarik selama satu dekade sebelum menjadi setengah tertutup. Titik penjualan besar Google + adalah “Lingkaran” untuk dibagikan ke berbagai kelompok orang. Tetapi dengan keduanya, pengguna merasa terlalu membosankan dan membingungkan untuk membuat banyak daftar berbeda yang dapat mereka bagikan atau melihat umpan dari teman. media sosial lainnya yang membuat ruang privasi adalah Snapchat. Snapchat meluncurkan fitur Grup sendiri dua bulan yang lalu, tetapi mudah lupa siapa yang ada di daftar dan mereka dirancang di sekitar obrolan grup. Sebagian besar pengguna akhirnya mencoba untuk menolak, berhenti mengikuti, atau membisukan orang yang tidak ingin mereka lihat atau bagikan.

Tingkatkan engagement akun Instagrammu sekarang, cek info lengkapnya ► Activfans.com

3. Meningkatkan Koneksi dengan Teman Dekat

Photo by Ben White on Unsplash

Harapan Instagram membuat fitur Close Friends agar Anda tidak akan kehilangan jejak siapapun yang menjadi bagiannya. Berikut ini cara menggunakan fitur Close Friends:

  • Buatlah stories seperti biasa. Sebelum dipos, Anda ingin menyebarkan untuk semua followers atau hanya teman terdekat. Fitur Close Friends terdapat di bagian bawah, berdekatan dengan tombol Post.
  • Pengguna lain tidak bisa meminta untuk ditambahkan dalam daftar teman dekat. Saat akan mengunggah Stories, pilih opsi untuk membagikannya secara “Close Friends”.
  • Teman yang masuk dalam daftar “Close Friends”, akan melihat lingkaran hijau dengan bintang di tengah. Logo yang sama juga akan terlihat dari pembuat Stories.

Anda dapat mencari teman dekat atau dengan cepat menambahkan mereka dari daftar saran berdasarkan siapa yang paling sering Anda ajak berinteraksi. Anda dapat menambahkan atau menghapus sebanyak mungkin orang yang Anda inginkan tanpa mereka ketahui. Yang bisa Anda ketahui hanya pada Stories dengan lingkaran hijau.  Jika terdapat lingkaran hijau, itu tandanya stories tersebut disebarkan secara terbatas.

“Instagram melindungi Anda dan hak Anda untuk berbagi atau tidak berbagi dengan orang-orang tertentu. Ini memberi Anda pelindung transparan,” kata Stein.

Demikianlah artikel mengenai 3 fakta penting tentang fitur close friends pada Instagram Stories. Fitur ini mulai bisa dirasakan secara global pada Sabtu (1/12). Pengguna iOS dan Android mulai bisa mendapatkan fitur tersebut dengan memperbaruinya ke versi paling baru di masing-masing toko aplikasi. Selamat mencoba.

Mau Instagram Anda lebih banyak folowers secara tertarget dan alami? Ada baiknya Anda menggunakan alat optimasi. Misalnya Activfans. Alat optimasi ini mudah sekali cara penggunaannya. Anda juga tidak perlu mengecek setiap hari akun Instagram. Diatur sekali saja, aplikasi ini akan membantu kinerja akun Instagram Anda. Informasi lengkap lainnya mengenai fitur? Klik ► https://activfans.com.